Pages

Saturday, January 19, 2013

Makelar Tanah ?


 Gambar dipinjam dari sini

Moms, apakah Anda termasuk orang yang gampang berteman, supel, senang bicara, pergaulannya luas and kaya informasi ? Jika iya, ini merupakan aset yang bagus untuk memulai bisnis yang memerlukan ketrampilan bicara dan mempengaruhi orang lain.

Biasanya, orang dengan karakter seperti ini adalah orang yang cocok dengan pekerjaan sebagai marketing. Di tangannya, kalau mau, jualan apapun pasti laku. salah satu diantaranya termasuk menjual jasa menjadi perantara atau makelar untuk menjualkan tanah milik orang lain misalnya.

Yang diperlukan untuk menjadi seorang makelar tanah adalah pengetahuan tentang tanah, seluk beluk status tanah yang akan dijual apakah termasuk dalam sengketa atau tidak, sertifikatnya bagaimana, bentuk tegalan atau pekarangan, punya kenalan notaris dan tahu persis harga jual tanah yang update. Tentunya dengan mempertimbangkan lokasinya apakah strategis, dekat dengan jalan, akses ke kota bagaimana, cocoknya dijadikan lokasi bisnis atau perumahan, dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui segala seluk beluk tentang tanah yang akan ditawarkan tentunya lebih mudah untuk mencari target pembeli. Plus mengetahui karakter calon pembeli. Ada yang gampang dirayu, ada yang susah dan ada yang tidak tertarik sama sekali. Lha, ini tantangan terbesarnya. Karena itu link yang cukup luas akan memudahkan seorang makelar tanah sejati untuk mempertemukan antara penjual dan pembeli. Bisa jadi kan, satu teman minta tolong tanahnya dijualkan karena lagi butuh uang, ternyata secara kebetulan ada teman yang minta tolong dicarikan tanah disekitar lokasi yang teman kita akan menjual tanahnya. Klopkan. Tinggal mempertemukan keduanya, biarkan saling bernegosiasi kemudian sang makelar akan mendapat komisi dari kedua belah pihak sebesar 2,5 % dari harga yang disepakati jika transaksi deal. Cocok !

Modal utamanya adalah keluwesan dalam berbicara, gaya yang meyakinkan dan bisa mempengaruhi calon pembeli sehingga tertarik untuk membeli. Tawarkan keuntungan-keuntungan apa yang didapat jika tanah tersebut dibeli. Sebagai investasi jangka panjang salah satunya, karena harga tanah semakin lama semakin naik nilai jualnya. Lalu bisa membaca masa depan tanah tersebut, misalnya jika sekarang masih sepi, bisa jadi 5 tahun kemudian akan dibangun lokasi perkantoran atau pertokoan di sekitar situ sehingga nilai jualnya akan semakin tinggi. Ya, gimana pinter-pinternya promosi aja.

So, gimana moms..tertarik menjadi makelar tanah..? Bisa dijadikan kerjaan sampingan atau kerjaan betulan asalkan tekun menjalaninya. Boleh dicoba kok.. :)

No comments:

Post a Comment