Pages

Wednesday, January 23, 2013

Menjadi Penulis

 Gambar dipinjam dari sini


Moms, apakah punya hobby menulis ? Jika iya, kembangkanlah..Ada banyak hal yang bisa kita lakukan saat menulis. Selain sebagai pleasure, berbagi, peduli, menulis juga bisa untuk mencari uang. Bagaimana caranya ? Baiklah kita bahas bersama.

Jika kita suka menulis dan internetan, kita dapat menggabungkan keduanya dengan menjadi seorang blogger. Ya, blogger adalah orang yang suka nge-blog. Blog atau website pribadi bisa kita isi dengan beragam tulisan kita yang menarik. Sebagai langkah awal, cari saja blog gratisan seperti yang saya lakukan saat ini. Banyak penyedia blog gratisan seperti blogspot dari google, wordpress dan lain sebagainya.

Cari tema blog yang paling menjual saat ini. Yang lagi trend apa, boleh cari yang berkaitan dengan hobby sehingga kita senang melakukannya. Setelah blog kita isi dengan benyak tulisan, kita bisa mengajukan ke google adsense supaya blog kita dipasangi iklan. Lumayan, jika berhasil dan disetujui, kita bisa dapat penghasilan dollar dari sini. Tentunya dengan upaya yang nggak gampang juga, sih..Tapi semua itu bisa kita pelajari. Banyak lho blogger sukses yang menghasilkan banyak dollar karena blognya banyak pengunjungnya and banyak yang ngeklik iklannya juga pasti..

Well, yang akan saya tekankan disini adalah kemauan untuk menulis dulu. Setelah terbiasa menulis di blog, kita bisa mulai untuk menjadi penulis lepas yang menghasilkan karya-karya untuk dikirim ke media. Kalau berhasil, honornya lumayan. Selanjutnya kita bisa juga ikut lomba-lomba menulis untuk mencari pengalaman sekaligus mengasah seberapa kemampuan kita saat bersaing dengan tulisan orang lain, syukur-syukur bisa menang. Lumayan kan hadiahnya, apalagi kalau berupa uang tunai. Paling nggak, nama kita bisa sedikit demi sedikit dikenal di dunia persilatan eh..penulisan.

Langkah selanjutnya, kita bisa mulai berpikir untuk menulis sebuah buku. Ya, dengan buku karya kita bisa lebih dinikmati banyak orang. Apalagi jika banyak yang tertarik untuk membelinya. Ada banyak penerbit saat ini yang menawarkan banyak kemudahan untuk menerbitkan buku dari yang gratis sampai yang membayar. Intinya adalah, kita berani untuk memulainya. Jika belum berani untuk menawarkan ke penerbit besar yang sudah punya nama, buku bisa kita cetak sendiri kemudian dijual sendiri. Ini lebih efektif sebenarnya, namun kita harus punya nyali lebih untuk banyak menerima kritik jika kualitas karya yang ingin kita bangun.

Kita bisa mengatur waktu sendiri untuk kegiatan menulis ini. Bisa kita biasakan tiap hari, saat mood datang atau memang kita yang mengupayakannya. Semuanya fleksibel dan tergantung pada keinginan kita masing-masing. Harapannya, dengan menulis kita bisa berbagi info yang penting, menghibur atau nggak penting sama sekali. Namun ingat, sudut pandang dan kebutuhan banyak orang beragam. Mungkin yang kita tulis termasuk biasa-biasa saja, nggak penting buat kita, ternyata cukup bermanfaat buat orang lain. Secara tidak langsung kita sudah berbagi, peduli dan membantu. Jadi, teruslah menulis untuk sesuatu yang beguna bagi sesama.

No comments:

Post a Comment