Pages

Wednesday, November 16, 2016

Blogger : Profesi Yang Dicari Saat Ini Dan Nanti



Dunia blogging mengalami perkembangan yang cukup pesat akhir-akhir ini. Terbukti, banyak brand menggunakan jasa blogger untuk mempromosikan produknya di blog mereka. Bayarannya ? Jangan tanya, cukup menjanjikan pokoknya.


Seiring perkembangan dunia digital, bisnis online menjamur disana sini. Blogger profesional bisa kebanjiran job. Disini jelas terjadi simbiosis mutualisme antara blogger dan brand. Saling mengutungkan.

Namun, untuk membangun image sebagai blogger profesional, tentu tidak semudah membalikkan tangan. Dibutuhkan ketekunan, effort yang tinggi dan tentunya harus selalu update. Pencapaian yang diraih tentu bukanlah instant. Dibutuhkan waktu hingga bertahun-tahun sampai blognya bisa dipercaya untuk mempromosikan produk tertentu.

Profesi ini cocok ditekuni bagi ibu rumah tangga, yang tinggal di rumah dan suka menulis. Sembari mengurus anak, tentu ada waktu yang cukup untuk bisa menulis. Seperti saya. Pagi sampai malam full mengurus toko dan anak. Malamnya, setelah anak tidur, baru bisa menulis. Saya terbiasa menulis yang berkaitan dengan apa yang saya alami. Lebih mudah daripada harus mengarang. Kecuali kalau saya fokus di penulisan fiksi.

Topik penulisan saya tak jauh-jauh dari dunia anak, keluarga dan bisnis. Semuanya yang saya alami. Tentu lebih banyak manfaatnya. Karena hampir semua ibu mengalami hal yang kurang lebih sama. Jadi, tak ada salahnya kan sambil menyelam minum air ? Maksudnya, sambil mengasah minat dan bakat menulis, dituangkan di blog bisa bermanfaat bagi orang lain sekaligus menghasilkan secara finansial. Ada yang nggak mau dengan cara bekerja seperti ini ? Saya sih mau. Pake banget.

Bagaimana cara blog bisa menghasilkan uang ?

Ada banyak cara yang bisa dihasilkan dari blog melalui hal-hal seperti di bawah ini :

1. Google Adsense

Iyap, Blog dipasangi iklan dari Google. Untuk bisa terpasang adsense ini, banyak langkah yang harus ditempuh. Biasanya Google mensyaratkan usia minimal blog, minimal  postingan dan selalu update. Lebih bagus jika konten blog bermanfaat dan ber-niche. Misalnya blog yang khusus membahas tentang parenting, travelling atau lifestyle. Karena iklan yang terpasang juga menyesuaikan dengan tulisan yang ada di blog.

2. Job Review

Biasanya agen menghubungi blogger untuk mengendorse produknya di blog. Untuk mendapatkan testimoni, produk akan dikirim ke blogger kemudian Blogger harus membuat review produk yang dipakai. Selain tulisan biasanya review dilengkapi dengan gambar atau video sebagai pedukung testimoni before and after. Besarnya fee disepakati kedua belah pihak. Tujuannya tentu supaya penjualan produk bisa terdongkrak.

3. Sponsored Post

Blog juga berfungsi sebagai tempat semaian backlink dari berbagai brand. Artikel bisa dibuat oleh Blogger atau agen sudah menyediakan untuk dipasang di blog. Jika artikel sudah tersedia, biasanya Blogger boleh mengedit sesuai dengan gaya tulisan di blog. Yang terpenting sih backlink nya itu.  

4. Affiliate

Hampir sama dengan menanam link yang tersebar di blog, affiliate ini biasanya memakai sistem persen untuk fee yang ditawarkan. Misalnya dengan perjanjian jika ada yang ngeklik link iklan yang dipasang di sidebar blog, hingga terjadi transaksi penjualan, maka komisi bisa segera didapatkan.

Nah, jadi yang ingin menjalani profesi sebagai Blogger Profesional, monggo mawon. Segala kesempatan terbuka lebar. :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...