Pages

Wednesday, August 19, 2020

Ide Bisnis Laris Di Masa Pandemi


Pandemi Covid19 cukup menohok berbagai pihak. Beragam bisnis yang susah payah dibangun bisa runtuh dalam hitungan waktu gara-gara wabah virus Corona. Himbauan untuk stay at home, work from home melumpuhkan berbagai sektor ekonomi dan usaha. Beberapa bisnis yang terpaksa harus terhenti sementara waktu di masa pandemi sebelum new normal yaitu bisnis di bidang travel, wisata, penginapan, restoran, mall, salon, jasa pijat, event organizer dan lain sebagainya. Semuanya harus kreatif mencari cara bagaimana bisa survive dalam keadaan seperti ini. Contohnya banyak, salah satunya ada yang harus banting stir berjualan makanan secara online yang tadinya seorang bos besar.

Sebaliknya, ada juga yang justru usahanya terdongkrak di masa pandemi ini. Nah, apa saja jenis bisnis itu? Yuk, kita bahas satu-satu :

  • Pulsa
Yup, kebutuhan pulsa untuk kuota internet saat ini menjadi meningkat. Sekolah online butuh kuota. Work from home juga butuh kuota. Maka penyedia pulsa untuk kebutuhan online saat ini bisa jadi omsetnya semakin meningkat.

  • Tanaman Hias
Banyaknya orang yang stay at home memungkinkan banyak orang punya hobby baru. Salah satunya yaitu berkebun. Berbagai jenis tanaman hias banyak diburu saat ini. Tanaman yang tadinya biasa-biasa saja jadi melonjak harganya karena kebutuhan pasar. Tanaman jenis Aglonema contohnya. Harganya bisa sampai ratusan ribu hingga jutaan karena sedang booming. 

  • Pot dan perlengkapannya
Tak beda jauh dengan tanaman hias, kebutuhan untuk bercocok tanam tentu tak jauh-jauh dari pot. Di pinggir jalan dekat rumah saya pun sekarang ada penjual pot dadakan yang cukup laris diserbu pembeli. Hm, sungguh peluang yang tak boleh disia-siakan. Selain itu penjual alat-alat pertanian dan pupuk pun mengalami peningkatan omset yang cukup signifikan tentunya

  • Sepeda 
Saat ini tiba-tiba saja banyak orang jadi gemar berolahraga. Nah, salah satu olahraga yang cukup diminati sambil menghirup udara segar adalah bersepeda atau gowes. Tahu akibatnya kan? Kebutuhan akan sepeda mendadak jadi melonjak. Maka hukum ekonomi pun berlaku. Saat demand atau permintan pasar meningkat sedangkan suply atau persediaan barang terbatas, maka sudah bisa ditebak jika harga sepeda saat ini ikut naik. Bahkan banyak sepeda yang harganya cukup fantastis hingga puluhan juta.

  • Makanan Online
Tiba-tiba saja banyak yang menjadi penjual makanan. Skill ibu rmah tangga bisa dimanfaatkan di masa ini. Tak sedikit yang justru menuai kesuksesan saat mencoba berjualan makanan online pertama kali. Maklum, kegiatan di rumah saja juga butuh asupan makanan yang tak sedikit. Dan foto-foto makanan yang sliweran di grup-grup WA yang dishare oleh teman-teman sendiri jadi terasa sungguh menggoda untuk merogoh kocek.

  • Pekerja Online
Entah itu Blogger, Influencer, Freelancer Writer, Youtuber, Content Creator dan pekerja online lainnya tentu kebanjiran job di saat-saat seperti ini. Karena memang pemasaran secara online dinilai lebih efektif dari segi waktu dan biaya. 
Nah, itulah beberapa jenis bisnis yang cukup laris di masa pandemi ini. Tentunya masih banyak jenis bisnis lain yang bisa dijadikan peluang yang cukup menjanjikan. Anda tertarik untuk menekuni bisnis yang mana? Monggo dipilih.. :D


No comments:

Post a Comment