Pages

Monday, August 26, 2019

Pertimbangkan 4 Hal Ini Jika Akan Membuka Usaha


Siapapun pasti ada yang bercita-cita ingin punya usaha sendiri. Harapannya tentu supaya sukses, punya penghasilan tak terbatas, bisa plesiran ke luar negeri dan berbagai motivasi lainnya. Well, apa yang terlihat itu ada benar dan tidaknya. Karena, tidak mudah membuka suatu usaha. Dan seringkali, kita sudah menyerah sebelum benar-benar berani untuk memulainya. Namun, jika semangat untuk membuka usaha atau peluang bisnis itu sudah meletup-letup, sebaiknya segera lakukan. Dengan mempertimbangkan berbagai hal tentunya. Apa saja yang perlu dipertimbangkan. Yuk, mari kita simak.

Hal yang perlu dipertimbangkan saat akan buka usaha :

  • Tentukan Jenis Usaha 
Ini penting. Ibarat mau pergi ke suatu tempat tapi tidah tahu arah jalannya mau kemana, itu sama saja dengan tidak kemana-mana. Tentukan saja apa yang menjadi minat terbesar, dan yang terpenting kita melakukannya dengan senang hati. Misalnya jika kamu suka memasak, dan kata orang masakanmu enak. Kenapa tidak mencoba membuka usaha kuliner? Tidak harus langsung membuka restoran besar dengan konsep yang wah. Mulai saja dari hal kecil. Jika suka memasak masakan semacam sayuran gitu, kamu bisa mulai untuk membuka warung makan kecil. Jika suka membuat kue, mulai saja pre order dengan menyediakan sample buat icip-icip. Jika rasanya enak orang pasti mau order. Apalagi menjelang hari Raya. Buruan!

  • Tentukan Pasar
Nah, setelah ketemu jenis usaha yang mau dibuka, tentukan segmen pasarnya. Misalnya jika kamu suka membuat kue jajanan, tentukan kira-kira jajananmu disukai sama siapa? Anak-anak, remaja, orangtua atau semuanya? Dengan mengetahui segmen pasar, kamu akan lebih mudah dalam mengerjakannya. Sesimple itu sebenarnya.

  • Modal
Tentukan besaran modal yang harus kamu keluarkan. Ingat ya, modal tidak melulu soal uang, tapi juga skill, minat dan bakat serta kemauan kerja keras. Kalau saat ini modal kamu mefet, kamu bisa mencari cara lain dengan mengajak kerjasama dengan orang lain yang sudah berpengalaman. Mencari investor misalnya. Atau kalau kamu niat membuka usaha dengan modal yang sudah ada, mulai saja dengan yang sudah ada. Tak apa meski modal kecil, karena sesuatu yang besar berawal dari hal kecil.

  • Tempat
Membuka suatu usaha itu idealnya berada di lokasi yang strategis. Tapi hari gini, bisnis tidak hanya secara offline, ingat dong sekarang di era apa? Era drijital lho, dimana driji sangat berperan dalam berselancar di dunia online. Yup, kamu bisa menjalani usaha keduanya. Buka secara offline dan online. Tinggal buat website online shop, social media yang fast respon, dan survey tentang ongkirnya saja beb.

Nah, setelah mengetahui 4 hal diatas, yang terpenting adalah BERANI MEMULAI (mulai ngegas). Lalu KONSISTEN dan SETIA DALAM BERPROSES.

Demikian. Good luck ya! :)

No comments:

Post a Comment